Jumat, 23 Maret 2012

Potensi Laut Untuk Mengatasi Krisis

Laut merupakan salah satu alternatif sumberdaya untuk mengatasi krisis multi dimensi yang saat ini sedang melanda Indonesia. Di dalam laut, terdapat berbagai macam sumber daya alam yang dapat dimanfaaatkan bagi pembangunan bangsa.
Saat ini tingkat pemanfaatan laut di Indonesia sangat kecil dibandingkan dengan negara-negara lain. Dengan luas wilayah laut 5.8 juta km, 17.500 pulau serta 81 km garis pantai tropis terpanjang di dunia, ini merupakan satu kekayaan yang luar biasa yang tidak setiap negara dianugerahi. Namun demikian sampai saat ini pemanfaatan sumber daya kelautan masih sangat rendah.
Kontribusi ekonomi kelautan Indonesia hanya memberi sumbangan 20 persen terhadap GDP dengan nilai 28 milyar Dolar. Sebagai perbandingan Korea Selatan yang hanya memiliki panjang pantai 2.713 km, sektor kelautannya mampu memberi sumbangan sebanyak 37 persen terhadap GDP atau senilai 147 Milyar Dolar.
Kondisi-kondisi inilah yang digambarkan oleh Menteri Kelautan Rokhmin Dahuri dalam mengisi kongres IPNU-IPPNU di Ruang Zaitun Asrama Haji Sukolilo. Warga NU yang pernah menjadi anak laut tersebut menginginkan agar para kader NU yang saat ini berada di IPNU-IPPNU mulai befikir tentang potensi laut tersebut untuk kepentingan bangsa.
Tidak tergarapnya potensi laut yang besar merupakan suatu kesalahan masa lalu yang harus segera diperbaiki. Akibat rendahnya wawasan kelautan, potensi besar ini tidak dimanfaatkan secara maksimal. Dengan tingkat investasi, teknologi, dan sarana prasarana yang rendah, hasil yang dicapai juga rendah.
Selain itu laut juga dipersepsikan sebagai keranjang sampah untuk membuang berbagai sampah yang memiliki tingkat pencemarah yang tinggi dan juga menghasilkan wajah ekonomi dualistik yang mana sebagian besar masyarakat pesisir (65%) masih miskin sedangkan yang sudah makmur kurang atau tidak memiliki kepedulian terhadap pihak lainnya.
Rohmin Dahuri berpendapat bagaimanapun juga globalisasi yang melanda dunia memaksa kita untuk harus memanfaakan seluruh potensi yang ada dan laut merupakan salah satu hal yang saat ini harus dikembangkan dengan sebaik-baiknya.(mkf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar